28/02/17

3 Cara Agar Smartphone Tidak Terjangkit Malware


malware virus android
Perangkat mobile seperti smartphone dan tablet biasanya menyimpan data pribadi yang sama banyaknya dengan komputer PC, inilah yang menjadi incaran berbagai program jahat (malware) dan berbagai jenisnya, mulai dari spyware, aplikasi palsu, hingga ransomware.

Agar gadget kamu tak menjadi korban malware, ada tiga langkah pencegahan yang mudah dilakukan. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini, sebagaimana dirangkum NexTren.com dari PC World. .

1. Unduh aplikasi dari toko resmi
Kebanyakan malware bercokol di toko-toko aplikasi pihak ketiga yang tak memiliki standar keamanan memadai. Sebaliknya, toko aplikasi resmi seperti Google Play dan Apple App Store secara rutin memeriksa aplikasi yang dipajang. Apabila ditemukan sesuatu yang mencurigakan, mereka tak segan-segan menarik aplikasi yang bersangkutan. Gadget kamu pun bakal lebih aman apabila hanya memakai aplikasi yang diunduh dari toko resmi.

2. Hindari jailbreak
Jailbreaking adalah praktik menggunakan software untuk menghilangkan pembatasan soal aplikasi yang dipasang di gadget iOS atau Windows. Dengan melakukan jailbreak , kamu bisa memasang aplikasi yang diperoleh dari sumber selain toko resmi. Tapi jailbreak juga membuat sejumlah fitur keamanan jadi tidak berfungsi, seperti misalnya pembatasan akses aplikasi terhadap data atau validasi aplikasi, jadi kamu akan terpaksa mengandalkan pengetahuan teknis untuk mencegah malware mencuri data. Akan lebih aman apabila jailbreak tidak dilakukan, sejalan dengan poin pertama di atas. Gadget Android tak perlu di- jailbreak karena menyediakan opsi pemasangan aplikasi dari sumber selain toko resmi. Kamu bisa melakukan rooting untuk memperoleh akses lebih menyeluruh ke sistem operasi Android, tapi ini juga berpotensi membawa petaka apabila tak dilakukan secara hati-hati.

3. Lakukan update secara rutin Seperti pada PC,
sistem operasi dan aplikasi mobile pun bisa mengandung celah keamanan. Risiko sekuriti ini seringkali ditambal oleh pembuat software bersangkutan. Untuk alasan inilah, sebaiknya kamu melakukan update aplikasi secara rutin. Gadget biasanya akan memberikan kamu notifikasi apabila sebuah aplikasi mendapat update. Ada juga opsi untuk melakukan update secara otomatis dalam keadaan tertentu, misalnya ketika tersambung ke Wi-Fi. Jangan lupa untuk memeriksa update sistem operasi. Selain meningkatkan aspek keamanan dan stabilitas, update software juga bisa membawa fitur-fitur baru yang berguna

Kategori

Aplikasi android Pulsa gratis setiap hari
Cashtree
Download app penghasil pulsa disini.
Trusted Advertising Network.
Popcash.net
Popunder ads No Scam!
Quote: